Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di SD Melalui Permainan dan Bimbingan Belajar

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran di Sekolah Dasar yang dimaksudkan agar siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar, yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah antara lain, penyelidikan, penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan.

            Pembelajaran sains pada tingkay sekolah dasar (SD) dikenal dengan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari didi sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.Ruang lingkup IPA di SD/MI menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional bahwa standar kompetensi lulusan mata pelajaran IPA meliputi aspek-aspek, antara lain yaitu :

1. Makhluk hidup dan proses kehidupan

2. Benda, materi, sifat-sifat dan kegunaanya

3. Energi dan perubahannya

4. Bumi dan alam semesta

            Tujuan pembelajaran IPA di SD/MI yaitu 1) mengembangkan rasa ingin tahu dan suatu sikap positif terhadap sains, teknologi, dan masyarakat. 2) mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. 3) mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep sains yang akan bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 4) mengembangkan kesadaran tentang peran dan pentingnya sains dalam kehidupan sehari-hari.

            Bimbingan belajar adalah suatu proses pemberian bantuan kepada siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah belajar yang dihadapi siswa, sehingga tercapai tujuan belajar yang diinginkan. Dengan adanya bimbingan belajar, siswa mendapatkan ilmu tambahan yang dimana belum diajarkan di sekolah. Bimbingan belajar tidak harus selalu dengan materi, bisa dengan suatu media pembelajaran bisa melalui permainan agar siswa tidak merasa bosan dengan materi.             Hasil pencapaian belajar mencakup tentang hasil yang diperoleh peserta didik secara akademik, secara ketrampilan yang diwujudkan dalam bentuk rapot setiap akhir semester. Dengan melalui bimbingan belajar dan pembelajaran sains peserta didik diharapkan mampu memahami konsep pembelajaran dan tercapainya tujuan yang maksimal

Pada pertemuan 1, 29 Maret 2021 dalam proses bimbingan belajar, mempelajari tentang energi dan perubahannya yang meliputi  bunyi, panas, magnet, listrik, dan cahaya.Dengan tujuan pembelajaran agar siswa mampu menjelaskan perubahan energi di kehidupan sehari-hari dan selalu mengingat perubahan energi tersebut. Dengan media pembelajarannya gambar dan mencocokkan perubahan energi di gambar tersebut dan menjelaskan kepada teman-temannya.

Pada pertemuan ke 2 tanggal 6 April 2021, mempelajari tentang makhluk hidup dan dan proses kehidupannya. Di materi ini menjelaskan tentang jenis-jenis atau golongan hewan pemakan. Jenis – jenis hewan pemakan dibagi menjadi tiga yaitu hewan pemakan rumput (Herbivora), hewan pemakan daging (Karnivora), hewan pemakan segalanya (Omnivora). Tujuan dari pembelajaran ini agar siswa dapat membedakan jenis hewan pemakan yang ada di lingkungan sekitar. Dengan media pembelajaran bermain ular naga panjang, yang terperangkap akan dikasih soal tentang jenis-jenis hewan pemakan dan menjelaskan pengertiannya.

Pada pertemuan terakhir atau pertemuan ke-3 10 April 2021, menjelaskan tentang materi energi dan perubahannya yang sub tema gaya. Tujuan dari pembelajaran ini agar siswa mengetahui gaya apa saja yang ada di lingkungan sekitar dan mengingat materi tersebut. Melalui media pembelajaran ular tangga, siswa yang mendapatkan dadu enam akan diberikan pertanyaan seputar gaya, dan mengulas materi yang sudah dijelaskan kemarin.

Oleh : Herlina Wulandari

Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo