Media Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Melalui Permainan Bongkar Pasang

Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet, meteorid, komet, serta asteroid yang mengelilingi matahari, dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut adalah delapan buah planet yang sudah diketahui yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter planet paling besar, Saturnus, Uranus, dan Neptunus planet paling luar. Orbit planet-planet membentuk elips, lima planet kerdil/katai misalnya, pluto. Satelit alam yang berjumlah 173 yang sudah teridentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya. Tata surya yang terdiri dari matahari, planet-planet, satelit, komet, meteor, dan asteroid hanyalah satu dari jutaan bintang yang bergabung dalam suatu kelompok yang dikenal dengan nama galaksi. Dalam alam semesta ini terdapat ribuan galaksidengan jarak yang besar dan masing masing berukuran besar pula. Galaksi kita disebut dengan galaksi Bima Sakti dalam bahasa inggris disebut dengan Milky Way.

Permainan-permainan sederhana seperti permainan bongkar pasang planet. Cara memainkan permainan ini dengan  memasangkan beberapa gambar planet di urutan oribitnya. Misalnya, bumi berada di urutan ketiga maka gambar di pasangkan di orbit planet no 3, matahari sebagai pusat dari sistem tata surya maka matahari berada di tengah orbit planet. Permainan ini mengenalkan planet selain bumi yang ada di sistem tata surya dan ciri-ciri planet-planet kepada peserta didik. Menampilkan desain yang unik, menarik, dan gambar-gambar yang diberikan sesuai dengan materi yaitu sistem tata surya. Agar dapat menarik perhatian menarik perhatian peserta ddik untuk belajar menyenangkan yaitu dengan konsep “bermain sambil belajar”. Permainan ini dapat melibatkan beberapa orang dan dapat digunakan secara individu. Perminan ini dapat meningkatkan kreatifitas dan nalar dari anak-anak.

Secara Psikologis, permainan bongkar pasang terbukti dapat mengespresikan diri setiap peserta didik memiliki  pribadi yang berbeda-beda dengan permainan ini peserta didik dapat berkreasi yang nantinya membantu anak dapat thinking out of the box di masa depannya. Bersosialisasi belajar dengan permainan bongkar pasang juga dapat dimainkan oleh kelompok hal ini peserta didik dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya selain itu permaianan ini dapat mengembangkan kecerdasan berkreasi secara emosional. Memotivasi peserta didik  ketika telah berhasil menyelesaikan permainan ini baik itu sendiri maupun bersama teman akan muncul rasa ingin tahu yang tinggi dari anak untuk menyelesaikan permainan tersebut.

Permainan bongkar pasang planet ini juga dapat meningkatkan kecerdasan spasial pada peserta didik, kecerdasan spasial adalah suatu kemampuan dimana dapat membayangkan hal dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Permainan bongkar pasang juga dapat meningkatkan kemampuan sistematis dan pemecahan masalah. Permainan ini juga melatih peserta didik untuk berani mencoba, dan melati psikomotor, kognitif dan sosial  dari peserta didik.

Oleh : Winda Pujiyanti

Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo