Jumat , Desember 2 2022
Beranda / Artikel / Pengaruh Perkembangan Teknologi Bagi Kemajuan Pendidikan dan Kehidupan Sosial

Pengaruh Perkembangan Teknologi Bagi Kemajuan Pendidikan dan Kehidupan Sosial

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini berjalan sangat cepat. Bisa dikatakan hampir setiap hari ada saja penemuan hasil penelitian dari para ilmuwan dunia maupun teknologi modern baru yang dibuat oleh para ahli. Baik di bidang pendidikan, kesehatan, otomotif, pertanian, alat industri pabrik, robot, telekomunikasi, informasi, dan masih banyak lagi teknologi modern lainnya yang hadir dari seluruh penjuru dunia.

Namun siapa sangka bahwa perkembangan teknologi yang terjadi dewasa ini disadari atau tidak telah menjadi sebuah pisau tajam bermata dua. Dimana di satu sisi dapat menimbulkan dampak positif dan di sisi lain bisa memunculkan dampak negatif. Tinggal bagaimana manusia dalam menyikapinya.

Setidaknya menurut para ahli ada dua dampak dari perkembangan teknologi, yakni dampak positif dan negatif. Untuk dampak positifnya bisa bermanfaat bagi dunia pendidikan, seperti menambah informasi, meningkatkan kemampuan belajar, meningkatkan kualitas pendidikan, memudahkan akses belajar, materi yang disajikan akan lebih menarik, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Manfaat lain yang dapat diperoleh, diantaranya dengan teknologi, pembelajaran kini dapat dilakukan secara jarak jauh, sehingga jika ada salah satu siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran dapat mengakses dengan menggunakan teknologi.

  1.  
  2. Secara umum sisi positif ini juga bisa mempermudah dan mempersingkat proses pertukaran informasi, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan, memungkinkan pembelajaran secara online dan tidak harus selalu tatap muka, dan dapat berkomunikasi dengan seseorang yang berbeda lokasi secara audio visual.
  3.  

Namun demikian tak dipungkiri teknologi juga memberikan dampak negatif, diantaranya menjadi individu yang malas untuk bersosialisasi secara fisik, mengganggu perkembangan anak, sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa, serta meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber di dunia maya.

Bagi mereka yang bisa lebih bijak dalam menyikapi perkembangan teknologi maka akan mendapatkan dampak positif berupa manfaat atau keuntungan yang akan didapatkan. Namun bagi mereka yang belum bisa menyikapinya dengan bijak, maka yang terjadi justru sebaliknya, akan menuai dampak negatif dan tak menutup kemungkinan akan menjerumuskan ke jurang kerugian.      

Sebab perkembangan teknologi yang terjadi juga dapat mempengaruhi gaya hidup setiap manusia. Perkembangan teknologi disadari atau tidak memiliki dampak yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Oleh karenanya sebagai pengguna teknologi, manusia harus bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan bijak, baik dan benar.

Pada hakekatnya kemajuan teknologi akan berjalan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Sehingga tak menutup kemungkinan perkembangan teknologi yang sering diartikan sebagai alat elektronik tersebut juga bisa dikembangkan untuk mendukung perkembangan bidang pendidikan. Mengingat keduanya saling berhubungan erat, antara teknologi dan ilmu pengetahuan. Seperti halnya para ilmuwan maupun dalam filsafat ilmu pengetahuan mengartikan bahwa pendidikan itu sebagai pekerjaan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah secara praktis.

Sudah sejak lama teknologi dimanfaatkan dalam bidang pendidikan. Sebab teknologi dinilai oleh para ahli dapat digunakan untuk meningkatkan pendidikan. Sehingga ke depan, diharapkan pendidikan akan terus berkembang dan mampu melahirkan generasi-generasi baru yang akan mewujudkan pendidikan lebih baik.

Menurut beberapa ahli mengatakan bahwa pendidikan itu sendiri merupakan sebuah usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana dengan baik untuk mengembangkan potensi peserta didiknya agar mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya sendiri maupun masyarakat.

Dalam proses pendidikan terjadi kegiatan pembelajaran dengan berbagai model yang di terapkan oleh pendidik. Apabila tujuan pendidikan tercapai maka hasil belajar siswa akan mengalami peningkatan. Metode yang digunakan pendidik dalam menyampaikan pembelajaran juga dapat mempengaruhi keberhasilan siswa. Hampir semua pendidik saat ini memerlukan teknologi untuk mempermudah dalam menyampaikan pembelajaran pada siswanya. (*)

Oleh : Khalimatus Syarivah

Penulis Adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Tentang Khalimatus Syarivah

Periksa Juga

Bayar Pajak Pakai Sampah?

Sampah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Hampir setiap hari kita menghasilkan …