Pembelajaran dengan Media Belajar Disertai Permainan untuk Siswa SD Selama di Rumah

Media memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan sebagai suatu sarana atau perangkat yang berfungsi sebagai perantara. Memiliki peran sebagai alat bantu dalam dunia pendidikan serta membantu kemampuan atau ketrampilan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Contoh media pembelajaran Adalah Permainan SudaManda dan Permainan ular tangga.

Permainan SudaManda atau yang lebih dikenal dengan jengklek dapat di jadikan referensi dan bahan pertimbangan Untuk menjadi media pembelajaran yang dilakukan di rumah dalam saat ini. Permainan SudaManda Dapat dilakukan dan dimainkan oleh beberapa anak anak. Dapat dimodifikasi dengan berbagai cara. Salah satu cara memodifikasi permainan SudaManda ini dengan menambahkan nomer pada setiap kotak dengan menggunakan kertas lipat dibuat menjadi bentuk amplop dan ditempel serta pada dalam amplop tersebut diisi soal yang bersangkutan pada materi tersebut. Lalu membuat dadu untuk melempar permainan SudaManda tersebut dengan menggunakan batu lalu di bungkus dengan kertas lipat.

Media Pembelajaran Selain SudaManda selain itu Permainan ular tangga, Ya pasti Permainan yang satu ini sudah tidak asing lagi didengar dikalangan masyarakat kita saat ini. Permainan ini sangat mudah dan sangat menyenangkan . Permainan ini dapat dilakukan oleh 3-4 anak. Cara melaksanakan permainan ini dengan melempar dadu dan berapa jumlahnya lalu dijalankan dengan alat yang serupa dengan orang orangan. Lalu jika mendapat ekor ular akan turun dan akan mendapatkan soal yang wajib anak anak jawab.

Agustina Sri Wulandari
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo