Bimbingan Belajar “Cemara”

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Pendidikan adalah aspek yang sangat penting dalam kelangsungan hidup individu. Biasanya, pendidikan dibagi menjadi beberapa tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, hingga perguruan tinggi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan juga dapat dimaknai sebagai proses, cara dan perbuatan mendidik. Sedangkan menurut Para Ahli

  • Plato. Menurut Plato, pendidikan adalah sesuatu yang dapat membantu perkembangan individu dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang dapat memungkinkan tercapainya sebuah kesempurnaan. Menurut Plato pendidikan direncanakan dan diprogram menjadi tiga tahap dengan tingkat usia, tahap pertama adalah pendidikan yang diberikan kepada murid hingga sampai dua puluh tahun; dan tahap kedua, dari usia dua puluh tahun sampai tiga puluh tahun; sedangkan tahap ketiga, dari tiga puluh tahun sampai usia empat puluh tahun.
  • Edgar Dalle. Pengertian pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.
  • John Stuart Mill. pendidikan adalah meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan oleh orang lain untuk dia, dengan tujuan mendekatkan dia kepada tingkat kesempurnaan.
  • H. Horne. Menurut Horne, pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
  • Prof. Richey. Pengertian pendidikan adalah yang berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat terutama membawa warga masyarakat yang baru (generasi baru) bagi penuaian kewajiban dan tanggung jawabnya di dalam masyarakat.

Saya sebagai mahasiswa dari Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan itu mengadakan bimbingan belajar cemara yang diadakan pada tanggal 28 Maret 2021 di desa Plaosan Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Yang di ikuti oleh siswi-siswi Sekolah Dasar Negeri Plaosan. Ini adalah pertemuan perdana saya dengan adek-adek. Pada awal pertemuan ini saya gunakan untuk memperkenalkan diri, memperkenalkan materi yang nantinya akan kita pelajari bersama serta saling mendekatkan agar pembelajaran menjadi lebih nyaman. Karena ada pepatah mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang.

Kemudian pada pertemuan yang ke 2 yang diadakan pada 2 April 2021. Saya mulai meenjelaskan materi tentang cuaca kepada adek-adek Sekolah Dasar. Mengenalkan apa itu cuaca, menyebutkan jenis-jenis cuaca, serta membandingkan gambar jenis cuaca dengan tujuan agar anak dapat memahami lebih jelas tentang materi cuaca . Yang biasanya di sekolah diajarkan oleh bapak / ibu guru pada waktu duduk dibangku kelas 3 Sekolah Dasar.

Selanjutnya pada pertemuan yang ke 3 yang diadakan pada 5 April 2021. Saya mengulas kembali materi yang sudah saya sampaikan pada hari lalu agar adek-adek lebih mengingatnya kembali. Setelah itu saya memberikan evaluasi kepada adek-adek dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai materi cuaca serta belajar menggabungkan  gambar-gambar jenis cuaca dan menyebutkan jenis cuaca tersebut.

Apabila bisa menjawab dengan benar adek-adek akan mendapatkan hadiah dari saya sebuah cokelat. Karena anak suka sekali apabila diberikan hadiah setelah pencapaian mereka dalam belajar dan itu juga bisa kita jadikan sebagai penyemangat anak untuk selalu semangat belajar
Pendidikan begitu penting bagi generasi muda karena dengan kita rajin belajar kita akan selalu mendapatkan ilmu-ilmu baru wawasan baru. Oleh karena itu belajarlah setinggi mungkin carilah ilmu tanpa bosan.

Oleh: Recika Ranna Harayo

Program Studi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar