Jalan Sehat Gebyar Sangubanyu 2022 Bersama Mahasiswa KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo

Jalan sehat merupakan kegiatan olahraga yang murah dan terjangkau tetapi sangat besar manfaatnya karena dengan jalan sehat dan berolahraga badan akan terasa sehat dan jauh dari penyakit. Kemasan kegiatan ini membawa nuansa yang sederhana namun ramai peserta yang terdiri dari warga masyarakat Desa Sangubanyu, bukan hanya sebuah lancarnya acara yang menjadi tujuan utama tetapi sebuah wadah silahturahmi dan keakraban. Selain itu dengan adanya kegiatan jalan sehat ini berarti telah berusaha untuk mengajak agar masyarakat senantiasa mempunyai pola hidup sehat yaitu dengan cara berolahraga. Dengan berolahraga, kulit, otot, hingga organ-organ dalam tubuh merasakan manfaatnya. Otot dan kulit menjadi kencang, tulangpun menjadi kuat, dan jantung memompa darah sehingga peredaran darah lancar. Efeknya, otak segar, semangat pun membuncah.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2022 bekerja sama dengan pemuda Karang Taruna Desa Sangubanyu melaksanakan kegiatan Jalan Sehat Gebyar Sangubanyu 2022 Bersama Mahasiswa KKKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo untuk menuju masyarakat yang lebih sehat pasca pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 6 Januari 2022. Sebanyak 300 peserta sangat antusias mengikuti jalan sehat ini. Peserta dikhususkan hanya untuk masyarakat Desa Sangubanyu dimana peserta terdiri dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia.

Acara jalan sehat dimulai pukul 07.00 WIB dan finish pada pukul 08.00. Rute yang dilalui sendiri masih di area Desa Sangubanyu dimana rute tersebut mengelilingi Desa Sangubanyu dengan melewati beberapa dusun yaitu dimulai dari dusun Krajan, dusun Tlogosirik, dusun Karang, dusun Ketundan hingga kembali ke finish yaitu Pendopo Desa Sangubanyu.

Ketua panitia acara, Dian Mustika Adni yang mengajukan program kerja ini mengatakan acara ini diajukan untuk menciptakan suasana gembira khususnya bagi anak-anak sekaligus sebagai perpisahan mahasiswa KKN-T UMP 2022. “Alhamdulillah acara hari ini dapat terlaksana dengan baik, para perserta juga nampak antusias dan ceria dalam mengikuti acara ini. Acara ini adalah program terakhir mahasiswa KKN di Desa Sangubanyu sebelum penarikan dari kampus. Semoga acara ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sangubanyu,” tuturnya.

Bapak Drs. H. Mardan H Usman. M.M. sebagai Kepala Desa Sangubanyu juga menyampaikan pesan agar acara ini dapat memper erat hubungan kekeluargaan masyarakat Desa Sangubanyu. “Alhamdulillah acara berjalan baik. Terimakasih kepada mahasiswa KKN yang telah melaksanakan program-programnya dengan baik. Semoga dengan acara ini hubungan kekeluargaan masyarakat Desa Sangubanyu semakin erat,” tutur Drs. H. Mardan H Usman. M.M.

Setelah mencapai finish, panitia menyediakan minuman bagi peserta agar dapat menghilangkan rasa letih karena sudah mengikuti jalan sehat. Serta kami menyiapkan undian doorprize dengan diselingi hiburan musik. Terlihat para warga sangat bersemangat untuk menunggu pembacaan undian sampai akhir. Hadiah utama yang diberikan berupa kipas angin, dan lainnya. Pembagian doorprize selesai, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lomba bagi anak-anak sekolah dasar desa Sangubanyu.

Kegiatan lainnya untuk semakin meramaikan acara Gebyar Sangubanyu 2022 ini kami panitia mengadakan lomba-lomba untuk anak-anak setelah acara Jalan Sehat selesai yaitu lomba voli air, estafet air dan estafet karet gelang. Pada hari sebelumnya yaitu hari Sabtu kami juga mengadakan Kids Mini Football Competition 2022 yang di ikuti oleh anak-anak SD sampai SMP antar pedukuhan di Desa Sangubanyu. (*)


Kelompok 45 KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo 2022:

1. Agung Nugroho (182210146 / Manajemen)

2. Rakhmad Pambudi (192210063 / Manajemen)

3. Aida Putri Rahayu (182130021 / Pendidikan Ekonomi)

4. Siti Choirul Annisa (182210163 / Manajemen)

5. Yunita Maulina (182140102 / Pendidikan Matematika)

Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 45 : Mike Elly Anitasari, M.Pd.