Kamis , Oktober 6 2022
Beranda / Artikel / Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi Melalui Pembuatan Kursi Dari Sampah Botol Plastik

Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi Melalui Pembuatan Kursi Dari Sampah Botol Plastik

Permasalahan lingkungan seperti sampah anorganik yaitu botol plastik seolah tidak pernah ada habisnya. Peningkatan jumlah penduduk dan kesejahteraan masyarakat menyebabkan standar kehidupan meningkat yang berarti terdapat peningkatan penggunaan produk konsumsi. Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut menjadi salah satu penyebab permasalahan lingkungan yang semakin kompleks.

Manusia sudah pasti akan mendapatkan kerugian besar dari kondisi tersebut, untuk mengatasi permasalahan lingkungan tentu saja tidak mudah. Namun, membenahi lingkungan bukan tidak mungkin dilakukan. Terdapat banyak cara dalam membenahi lingkungan, dimana salah satunya dengan memanfaatkan sampah menjadi produk bernilai tinggi melalui ekonomi kreatif. Konsep ekonomi kreatif yang kini menjadi trend dalam memanfaatkan sampah botol plastik misalnya pembuatan kursi. Adanya pemanfaatan sampah botol plastik dapat menjadi salah satu trend design dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi serta menjadi solusi dalam permasalahan lingkungan.

Hal itulah yang dilakukan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kelompok 16 Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan melaksanakan kegiatan workshop kewirausahaan di Aula Balai Desa Wingko Sigromulyo, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, baru-baru ini. Adapun Kelompok 16 ini diketuai oleh Muhammad Irfan Afandi, beranggotakan Hanif Setiadi, Puji Rahayu, Anisa Saputri, dan Isnaeni Fauziah, serta Dosen Pembimbing Lapangan Esti Margiyanti Utami, S.E., M.Si.

Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru yang di dalamnya terdapat ide, gagasan, kreatif dan inovasi sebagai modal utamanya dalam menggerakan perekonomian. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pentingnya kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha serta untuk memberikan pelatihan agar masyarakat mampu mengembangkan kreativitas dan inovasinya dalam memanfaatkan sampah botol plastik menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai sehingga dapat menjadi sumber pendapatan. Hal ini tentunya akan meningkatkan pendapatan keluarga dan perkonomian masyarakat Desa Wingko Sigromulyo.

Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi tentang “Kreativitas dan Inovasi Dalam Berwirausaha” oleh Dosen Pembimbing Lapangan Esti Margiyanti Utami, S.E., M.Si.,dan dilanjutkan pelatihan pembuatan kursi dari sampah botol plastik oleh Ibu–ibu PKK Desa Wingko Sigromulyo. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Balai Desa Wingko Sigromulyo, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo pada hari Kamis tanggal 20 Januari 2022 dimulai pukul 14.00 WIB – 17.00 WIB.

Adapun materi tentang “Kreativitas dan Inovasi Dalam Berwirausaha” berisi paparan mengenai pengertian kreativitas dan inovasi, ciri–ciri orang kreatif dan inovatif, konsep berpikir visual, pengertian wirausaha, dan berbagai contoh kreasi botol plastic. Barulah dibentuk kelompok, setiap kelompok terdiri atas 5–6 orang anggota dengan tujuan untuk pelatihan pembuatan kursi dari sampah botol plastik.

Kemudian penjelasan teknis dan pendampingan pembuatan kursi. Sementara itu masing-masing kelompok sudah mempersiapkan bahan – bahan yang diperlukan, seperti botol plastik minuman mineral ukuran 1,5 liter yang telah diisi pasir, rafia, lakban plastik, gunting, busa, dan kain penutup.

Lebih detail diterangkan mengenai langkah – langkah pembuatan kursi dari botol plastic. Mulai dari penyiapan 9 botol plastik minuman mineral yang sudah diisi pasir dengan ukuran 1,5 liter. Kemudian semua botol plastik tadi disatukan dengan mengikat melingkar bagian luarnya menggunakan rafia hingga tersusun rapi. Lantas rekatkan dengan kuat semua bagian luar botol menggunakan lakban plastik.

Baru pemasangan busa yang sudah di potong membentuk lingkaran untuk menjadi alas penutup bagian atas botol. terus direkatkan dengan lakban plastik hingga semuanya benar-benar tertutup dan rapi. Lantas langkah terakhir, dengan menggunakan kain untuk menutupi bagian luarnya agar terlihat lebih cantik. (*)


Kelompok 16 KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo 2022 :

1. Puji Rahayu (182180091/ PGSD)

2. Isnaeni Fauziah (182210055 / Manajemen)

3. Anisa Saputri (182210072 / Manajemen)

4. Muhamad Irfan Afandi (182520040/ Teknologi Informasi)

5. Hanif Setiadi (182180096/ PGSD)

Dosen Pembimbing : Esti Margiyanti Utami, S.E., M.Si.

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | Berita Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Periksa Juga

Desa Tangkisan Kini Dinilai Sangat Dinamis

Oleh : Jamil Siregar Sekilas saat nama Tangkisan disebut, seolah-olah nama itu terkesan sangar, sebab …