Kamis , Oktober 6 2022
Beranda / Artikel / Pelatihan Kreativitas Pemanfaatan Limbah Plastik di Desa Karangrejo, Kecamatan Loano

Pelatihan Kreativitas Pemanfaatan Limbah Plastik di Desa Karangrejo, Kecamatan Loano

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kelompok 72 Universitas Muhammadiyah Purworejo, menggelar kegiatan sosialisasi dan praktik bertajuk Pelatihan Kreativitas Dengan Pemanfaatan Limbah Plastik. Kegiatan tersebut digeber di Desa Karangrejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, belum lama ini.

Kegiatan itu mendapat apresiasi dari Dosen Pembimbing Lapangan Titi Anjarini, M.Pd. Mengingat permasalahan terkait limbah plastik masih menjadi isu utama dunia dan menjadi masalah serius di tengah masyarakat. Oleh karenanya sangat tepat memilih kegiatan tersebut, sehingga dapat bermanfaat baik berupa pengetahuan, berbagi pengalaman kepada warga Desa Karangrejo, tentang pengemasan secara kreatif dengan memanfaatkan limbah rumah tangga berupa plastic, agar dapat memiliki nilai jual dan dapat menambah pendapatan bagi warga masyarakat.

Dalam pelaksanaannya Pelatihan Kreativitas Dengan Pemanfaatan Limbah Plastik tersebut diikuti oleh Mahasiswa KKNT Kelompok 72 Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan sejumlah Ibu-ibu PKK Desa Karangrejo, Kecamatan Loano. Adapun untuk narasumbernya menghadirkan 3 orang pemateri antara lain narasumber pertama Endang Ciptawati, narasumber kedua Dwi Handini, serta narasumber ketiga Wenny Apriliastuti. Dalam pelatihan itu selain teori juga dilakukan praktik secara langsung dimulai dari pengumpulan sampah-sampah plastik warga, kemudian baru melakukan praktik pembuatan bunga dari kantong plastik bekas.

Tampak warga masyarakat Desa Karangrejo, Kecamatan Loano, sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Pelatihan Kreativitas Dengan Pemanfaatan Limbah Plastik tersebut. Bahkan mereka berharap agar pada tahun-tahun selanjutnya masih ada lagi pelatihan serupa untuk membangkitkan semangat warga dalam pemanfaatan limbah plastik agar lebih bernilai jual serta mampu mengurangi pencemaran lingkungan. (*)


Kelompok 72 KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2021/2022 :

1. Ahmad Fathi Abdullah (182130015/P. Ekonomi)

2. Bintarti Ayu Primastuti (182110005/PBSI)

3. Noval Fernandika (182110002/PBSI)

4. Ria Safitri (182180103/PGSD)

5. Salma Hanifah (182110061/PBSI)

Dosen Pembimbing : Titi Anjarini, M.Pd.

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | Berita Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Periksa Juga

Desa Tangkisan Kini Dinilai Sangat Dinamis

Oleh : Jamil Siregar Sekilas saat nama Tangkisan disebut, seolah-olah nama itu terkesan sangar, sebab …