Kamis , Oktober 6 2022
Beranda / Artikel / Pemanfaatan Tanaman Serai Sebagai Hand Sanitizer Oleh Mahasiswa KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pemanfaatan Tanaman Serai Sebagai Hand Sanitizer Oleh Mahasiswa KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo

Purworejo merupakan salah satu sentra penghasil rempah-rempah di Provinsi Jawa Tengah. Daerah penyumbang rempah-rempah terbanyak di Kabupaten Purworejo adalah Desa Pelutan, Kecamatan Gebang. Rempah-rempah tersebut diantaranya adalah Serai, adapun olahan berbahan dasar tanaman Serai di Desa Pelutan tadi telah dikembangkan oleh Sudiarti, menjadi suatu produk bernilai jual tinggi, seperti Teh Serai, Sabun Cuci Piring Serai, Sabun Mandi Serai dan Minyak Serai untuk obat gatal.

Adanya Pandemi Covid-19 saat ini membuat kita lebih peduli dengan protokol kesehatan ketika berada di luar rumah. Salah satunya dengan menggunakan hand sanitizer yang digunakan sebagai alternatif untuk membersihkan tangan karena tidak memerlukan air dan dapat diletakkan dimana saja. Oleh sebab itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Muhammadiyah Purworejo membuat produk hand sanitizer dari bahan dasar tanaman Serai.

Hand sanitizer menjadi barang yang sangat dibutuhkan di tengah mewabahnya Virus Covid-19. Sebab, barang ini dianggap paling ampuh meminimalisir penularan virus tersebut. Bahkan penggunaan hand sanitizer juga menjadi wujud imbauan pemerintah untuk menjaga kebersihan, selain dengan rajin mencuci tangan setiap harinya.

Peracikan hand sanitizer ini menggunakan daun Serai sebagai bahan dasar, alkohol 70%, air dan Jeruk Nipis. Batang Serai memiliki manfaat sebagai antiseptik sehingga mampu membunuh jamur dan bakteri.

Hand sanitizer berbahan dasar Serai tersebut dinilai lebih unggul daripada sabun cuci tangan biasa, karena dapat digunakan tanpa dibilas. Tak hanya itu, produk ini juga memiliki aroma yang segar. Sambil membagikan hand sanitizer kepada warga, kami juga mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga dan mematuhi protokol kesehatan.

Pembagian hand sanitizer kepada warga

Dosen Pembimbing Lapangan Mikke Elly Anitasari, M.Pd., mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa dengan memanfaatkan tanaman Serai untuk pembuatan hand sanitizer sebagai bentuk nyata upaya pencegahan penularan Covid-19.

Pelaksaan kegiatan ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Kelompok 7 KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2021/2022, yang terdiri atas 5 orang. Diantaranya Tri Ari Wibowo (Program Studi PTO), Lita Widianti Rahayuningtyas (Program Studi PGSD), Melani Nureza Putri (Program Studi PGSD), Nadira Sukma Anjani (Program Studi Manajemen) dan Estikha Rejeki (Program Studi Manajemen). (*)


Kelompok 7 KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2021/2022 :

1. Tri Ari Wibowo (182170040/ Pendidikan Teknik Otomotif)

2. Melani Nureza Putri (182180030/ PGSD)

3. Lita Widianti Rahayuningtyas (182180033 / PGSD)

4. Nadira Sukma Anjani (182210017/Manajemen)

5. Estikha Rejeki (182210018 / Manejemen)

Dosen Pembimbing : Mike Elly Anitasari M.Pd

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | Berita Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Periksa Juga

Desa Tangkisan Kini Dinilai Sangat Dinamis

Oleh : Jamil Siregar Sekilas saat nama Tangkisan disebut, seolah-olah nama itu terkesan sangar, sebab …