Kamis , Oktober 6 2022
Beranda / Artikel / Strategi Program Bimbingan Hidup Sehat Melalui Jalan Sehat Bagi Warga Desa Roworejo di Era Pandemi

Strategi Program Bimbingan Hidup Sehat Melalui Jalan Sehat Bagi Warga Desa Roworejo di Era Pandemi

Pola hidup sehat merupakan  gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari- hari. Tujuan pola hidup sehat adalah untuk menjaga tubuh agar tidak mudah sakit, dan juga bisa menjaga kesehatan mental agar tidak mudah depresi ataupun stress. Jika pola hidup sehat rutin dikelola dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar, maka akan terbentuk kebiasaan yang baik.

Gaya atau pola hidup sehat dapat diinterpretasikan sebagai upaya dari setiap orang yang ingin selalu sehat dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang mempengaruhi kesehatannya. Untuk mencapai pola hidup sehat yang optimal, setiap individu harus melakukan langkah-langkah seperti menjaga kebersihan diri, makan dan minum yang sehat, keseimbangan kegiatan yang cukup, berolahraga secara teratur, dan melakukan pencegahan terhadap penyakit. Khusunya untuk lansia karena pada lansia lebih mudah terpapar penyakit. Akan tetapi lansia, jarang sekali untuk melakukan pola hidup, terutama berolahraga. Banyaknya kesibukan yang dilakukan terkadang membuat lansia mengabaikan kesehatannya. Padahal olahraga sangat baik sekali untuk kesehatan fisik yang kemudian dapat meningkatkan imunitas tubuh dari penyakit.

Olahraga pada dasarnya merupakan kebutuhan setiap manusia di dalam kehidupan, agar kondisi fisik dan kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu, setiap orang pasti ingin berusaha menjaga kesehatannya dan salah satu cara agar kesehatan tetap terjaga dengan baik melalui olahraga. Olahraga terdapat banyak sekali macam dan kita dapat memilih olahraga yang mudah untuk dilakukan tanpa perlu menggunakan alat – alat. Olahraga yang paling mudah dilakukan oleh lansia salah satunya adalah dengan melakukan jalan sehat. Jalan sehat merupakan olahraga  ringan yang mudah dilakukan oleh semua kalangan usia baik dari anak-anak sampai usia lanjut. Meski terkesan sederhana, kebiasaan sering jalan santai dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu jalan sehat juga dapat menjaga kebugaran tubuh.

Maka dari itu program kerja Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Muhammadiyah Purworejo di Desa Roworejo menyelengarakan kegiatan jalan sehat yang bertujuan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan, meningkatkan imun dan kebugaran dengan aktivitas fisik bagi lansia. Jalan Sehat ini dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 1 Februari 2022 yang dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai selesai. Jalan sehat yang kami adakan tidak hanya diikuti oleh lansia saja akan tertapi diikuti oleh semua kalangan usia. Antusias masyarakat Roworejo sangat baik, hal ini dibuktikan dari banyaknya peserta yang mengikuti Jalan Sehat ini. Persiapan dilakukan di halaman Balai Desa Roworejo. Kami juga membagi nomor undian yang nantinya setelah jalan sehat akan diundi untuk mendapatkan doorprize menarik. Jalan sehat dilaksanakan dengan start pada halaman Balai Desa Roworejo berlanjut menyusuri Desa Roworejo dan sawah untuk menghirup udara segar pagi, kemudian finish kembali lagi pada halaman Balai Desa Roworejo.

Setelah sampai Finish, undian doorprize langsung kami lakukan dengan diselingi hiburan-hiburan menarik. Kami juga memberikan snack dan minuman untuk para peserta guna menghilangkan rasa letih setelah jalan sehat. Tidak hanya membagikan doorprize saja,sebagai apresiasi atas partisipasi peserta dalam kegiatan jalan sehat, tim pelaksana memberikan hadiah untuk seluruh peserta. Selanjutnya Ketua Panitia Kegiatan mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh masyarakat dan sponsor dalam mensukseskan kegiatan program kerja Kuliah Kerja Nyata Tematik Universita Muhammadiyah Purworejo ini.

Ketua panitia dan tim pelaksana berharap agar kegiatan yang telah terselenggara dapat memberikan manfaat lebih jauh oleh peserta pada keluarga dan orang-orang di lingkungannya. Dalam kegiatan jalan sehat ini tim pelaksana juga sangat memperhatikan tentang protokol kesehatan dengan cara menggunakan masker serta menjaga jarak antar peserta jalan sehat. Mahasiswa berharap kegiatan jalan sehat ini dapat terus rutin dilaksanakan agar dapat memberikan manfaat lebih bagi masyarakat Desa Roworejo. (*)


Kelompok 101 KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo 2022 :

1. Ariyani Widiastuti (182180125/PGSD)

2. Dendy Catur Prasetyo (182210089/Manajemen)

3. Gatot Aditia Ramadhan (182510044/Teknik Sipil)

4. Rizki Anita Bella (182180133/PGSD)

5. Yustifanny Hayu Apsari (182210167/Manajemen)

Dosen Pembimbing Lapangan : Edi Sunjayanto, S.Si, M.Pd.

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | Berita Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Periksa Juga

Desa Tangkisan Kini Dinilai Sangat Dinamis

Oleh : Jamil Siregar Sekilas saat nama Tangkisan disebut, seolah-olah nama itu terkesan sangar, sebab …