Upaya Pemberdayaan Masyarakat Desa Roworejo Melalui Taman Desa Oleh KKNT UMPwr

KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) merupakan salah satu program dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo untuk penjaminan mutu mahasiswa sebagai anggota masyarakat. Dari keseluruhan mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terdiri atas 4-6 orang di setiap kelompoknya.

Dalam hal ini untuk kelompok 23 memilih Desa Roworejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sebagai tempat menyelenggarakan program kerja yang dapat membantu dan mendukung kemajuan desa dengan tema “Meningkatkan Potensi Desa Roworejo Melalui Pembangunan Taman Desa Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat Desa”.

Berdasarkan dari hasil observasi awal, Desa Roworejo memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, salah satunya adanya lahan kosong dan terbengkalai. Berdasarkan dari obervasi awal maka rencana program kerja yaitu lahan kosong ini disulap menjadi taman desa.

Pembersihan lahan

Rencana pembuatan taman desa ini disambut baik oleh Pemerintah Desa Roworejo dan mereka turut membantu dalam pemilihan tanah, perizinan menggunakan tanah sebagai taman desa, hingga pengerjaan taman desa selesai. Lahan taman desa ini letaknya berdekatan dengan balai desa dan sekolah dasar serta sungai.

Adapun dalam proses pembuatan taman desa bersinergi dengan program kerja yang lain yaitu pemanfaatan sampah botol plastik. Tim Kelompok 23 KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo, bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat Desa Roworejo melalui sosialisasi, pemberitahuan lewat media pamflate, dan pemasangan trash bag untuk mengumpulkan sampah botol.

Kegiatan pembuatan taman desa dilakukan dengan pembersihan lahan dari rumput-rumput terlebih dahulu dan pohon-pohon yang tidak dibutuhkan. Lantas pohon-pohon besar yang ada di dalam lahan, dibiarkan untuk tumbuh namun dibersihkan dahan-dahan yang telah kering. Lalu tanah dalam lahan tersebut ditutup menggunakan pasir dan batu split.

Selanjutnya membuat pagar dari bambu yang dibuat membentuk persegi dan dicat. Untuk dalam taman setelah diberi pasir dan split agar tidak licin, setiap pohon besar di dalam lahan dipasang batu bata yang mengelilinginya. Kemudian batu bata direkatkan dengan semen agar tidak goyah dan kuat.

Proses menanam tanaman

Setelah Pembersihan lahan yang ada di bawah pohon-pohon besar tersebut lantas ditanami berbagai tanaman hias untuk memperindah taman. Tidak hanya tanaman hias, kami juga memiliki lahan utama yang dekat dengan sungai berupa TOGA (Tanaman Obat Keluarga) seperti kunyit, jahe, temulawak, kencur, dan masih banyak lagi jenis tanaman lainnya.

Hasil kerajinan botol untuk hiasan taman

Sampah botol yang sudah dikumpulkan lantas dicuci terlebih dahulu dan dibuat beberapa kreasi seperti pot, tempat sampah, dan hiasan taman. Kreasi tersebut kemudian dicat agar menarik dan indah. Kreasi sampah botol diletakkan dan ditata di taman desa. Dalam proses pembuatan taman desa ini mulai dari awal hingga akhir yang memakan waktu kurang lebih 2 – 3 minggu dibantu oleh karang taruna, PKK, pemerintah desa, dan seluruh lapisan masyarakat Desa Roworejo.

Peresmian Taman Desa

Penarikan KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo di Desa Roworejo bersamaan dengan kegiatan peresmian taman desa sekaligus penyerahan taman desa dari Tim KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo kepada pihak desa untuk dilanjutkan dalam perawatan dan pembangunan taman desa. Peresmian Taman Desa Roworejo ini diresmikan oleh pemilik lahan bernama Sukarni dan dihadiri oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Edi Sunjayanto Masykuri, S.S., M.Pd., pemerintah desa, ketua dan anggota karangtaruna, serta masyarakat sekitar. Kelompok 23 KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo di Desa Roworejo ini berharap agar taman desa itu dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat dan memperindah kondisi Desa Roworejo. Selain menambah kesan indah untuk desa, taman desa itu juga bisa menjadi tempat bertemunya para warga desa untuk saling bercengkerama dan berfoto. (*)


Kelompok KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo 2022 :

1. Wildan Ahmad Nugraha (173080014/ Psikologi)

2. Shella Fitri Wahyuni (182180107/ PGSD)

3. Luqyana Adhe F.S (182180141/ PGSD)

4. Nurhana Hayu Rafifah (182210132/ Manajemen)

5. Nadya Feby Nugraheni (182210165/ Manajemen)

6. Fariq Faiz Adzimi (182510005/ Teknik Sipil)

Dosen Pembimbing : Edi Sunjayanto Masykuri, S.S., M.Pd.