Mahasiswa KKN-T UM Purworejo Adakan Pelatihan Inovasi Produk UMKM, Sosialisasi Pemasaran dan Branding Produk di Desa Kedunglo

Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, menggelar Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) tahun 2023 di berbagai wilayah di Kabupaten Purworejo, selama satu bulan untuk melakukan kegiatan belajar berbentuk pelaksanaan implementasi ilmu dan teknologi yang di peroleh mahasiswa ke tengah masyarakat guna kesejahteraan publik.

Kegiatan KKN-T kelompok 12 yang dilaksanakan di Desa Kedunglo, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, yang diketuai oleh Aji Nurwahid (Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil) dengan anggotanya terdiri atas 9 mahasiswa dari berbagai macam program studi di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Mahasiswa KKN-T kelompok 12 Universitas Muhammadiyah Purworejo ini melaksanakan program bersama kelompok PKK, KWT dan pelaku UMKM di Desa Kedunglo, dengan menggelar kegiatan Pelatihan Pembuatan Produk Inovasi Serta Sosialisasi Pemasaran dan Branding Produk, yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Kedunglo. Adapun untuk pelaksanaan Pelatihan Pembuatan Inovasi Produk UMKM pada Minggu, (15/01/2023). Sedangkan untuk Sosialisasi Pemasaran dan Branding Produk dilaksanakan pada Jumat, (20/01/2023). Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kelompok PKK, KWT dan pelaku UMKM, yang berjumlah kurang lebih 30 orang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian melalui pelatihan UMKM guna mendorong masyarakat untuk menciptakan produk baru dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya sebuah merk juga pengemasan agar dapat menarik minat konsumen,” kata Aji Nurwahid. “Melihat pelaku usaha yang ada di Desa Kedunglo, dinilai cukup memiliki potensi, namun mereka belum memiliki UMKM dengan menciptakan produk baru dan belum mempunyai branding yang baik sehingga mereka  perlu diberikan pelatihan dan teori. Adanya Mahasiswa KKN-T Kelompok 12 Universitas Muhammadiyah Purworejo, diharapkan semoga masyarakat Desa Kedunglo Bisa muncul UMKM handal dengan menciptakan produk baru serta membranding produknya, yang akan berdampak pada peningkatan pemasaran serta maksimalnya hasil produk mereka dan berkualitas,” ujarnya.

Ketua PKK dan KWT Desa Kedunglo juga menyambut dengan baik adanya program dari Mahasiswa KKN-T Kelompok 12 Universitas Muhammadiyah Purworejo tersebut. Pelaksanaan kegiatan itu nantinya akan membawa dampak positif terhadap masyarakat Desa Kedunglo agar bisa menciptakan produk baru dan membranding produk UMKM-nya guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. “Potensi yang ada di Desa Kedunglo ini lebih banyak pada sektor pertanian, mungkin akan menjadi peluang besar bagi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan hasil dari pertanian untuk dijadikan sebuah produk inovasi baru,” imbuhnya.

Sementara itu, tanggapan dari warga masyarakat Desa Kedunglo, dengan adanya  program dari Mahasiswa KKN-T Kelompok 12 Universitas Muhammadiyah Purworejo tersebut, sangat antusias dan mendukung penuh dalam mengembangkan UMKM yang ada di Desa Kedunglo. (*)


Mahasiswa KKN-T Kelompok 12 Univeritas Muhammadiyah Purworejo :

1. Aji Nurwahid (​192510011/Ketua)

2. Agustin Sribudi Cahyaningrum (192310032)

3. Ahmad Zacky Nurrahman (192170043)

4. Ayu Juliyani permatasari (192180026)

5. Eva Tri Agustin (192210068)

6. Hafifah Nawang Anggraeni (192210094)

7. Hendriko Janu Hanafi (192170028)

8. Katrin Werdi Utami (192140003)

9. Mita Setyaningsing ​​​(192310035) 10. Ruwanto ​​​​(192410015)