Tahukah Anda, Betapa Pentingnya Pembelajaran Tematik Bagi Anak SD

Hakikat pembelajaran tematik adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberi pengalaman bermakna kepada siswa. Dikatakan bemakna karena dalam pembelajaran tematik siswa, akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah di pahami. Fokus perhatian dalam pembelajaran tematik terletak pada proses yang di tempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-bentuk keterampilan yang harus di kembangkan (Rusman, 2012:254)

Karakteristik pembelajaran tematik:

  1. Holistik, suatu gejala atau peristiwa yang menjadi perhatian dalam pembelajaran tematik di amati dan di kaji dari beberapa bidang studi sekaligus.
  2. Bermakna, pengkajian suatu fenomena dari berbagai macam aspek, memungkinkan terbentuknya semacam jalinan antara skema yang dimiliki oleh siswa.
  3. Otentik, pembelajaran tematik memungkinkan siswa memahami secaralangsung konsep dan prinsip yang ingin di pelajari
  4. Aktif, pembelajaran tematik dikembangkan dengan berdasarkan pada pendekatan diskoveri inkuiri, yaitu siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga proses evaluasi.

Pentingnya pembelajaran tematik untuk siswa SD. Model pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar atau mengarahkan siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Melalui pembelajaran tematik siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang di pelajari  secara holistic, bermakna, autentik, dan aktif. Pentingnya pembelajaran tematik di terapkan di sekolah dasar karena pada umumnya siswa pada tahap ini masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistic), perkembangan fisiknya tidak pernah bisa di pisahkan dengan perkembangan mental, sosial, dan emosional (Rusman, 2012:257).

Penulis : Hendrik Setiawan

Prodi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Instansi: Universitas Muhammadiyah Purworejo