Tematik Saat Pandemi

Pada masa pandemi, masyarakat di takutkan atas cepat menyebarnya virus ini. Dampak dari berbagai serktorpun juga menjadi halangan, salah satunya sektor pendidikan. Pendidikan menjadi sektor yang terdampak.

Berbagai tingkat pendidikan mulai dari tenaga pendidik, siswa, mahasiswa, dan berbagai komponen pendidikan mengalami kesulitan yang berarti. Setiap tingkat pendidikan mengalami kesulitan tersendiri misal di taraf pendidikan dasar.

Pendidikan di sekolah dasar yang mengusung tematik menyulitkan dalam masa pandemic ini. Anak-anak yang memiliki imunitas yang beragam juga membrikan ketakutan untuk sekolah tatap muka. Sekolah online pun menjadi jalan tengah dalam permasalahan ini. Belajar online juga memiliki banyak hambatan salah satunya kemampuan orangtua dalam menggunakan dan menyediakan gadget atau handphone.

Anak yang masih dibawah umur harus dipantau orangtua sedangkan terkadang orangtua harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pembelajaran tematik yang bersifat berbagai aspek juga menjadi kenddala, anak seharusnya diajarkan oleh guru, disini anak dituntut untuk mandiri belajar di rumah. Tanpa dipantau dengan maksimal oleh guru kemampuan anak juga kurang berkembang dengan maksimal.

Tingkat kepahaman anak atas meteri-materi yang diberikan juga belum tentu semua anak paham dengan mendalam. Tak hanya itu, hal yang paling mendasar adalah menanamkan anak agar sadar bahwa pembelajaran dirumah itu sama dengan di sekolah hanya saja perbedaan hanya pada tempat belajarnya saja. Hakikatnya setiap ada masalah, dalam hal ini adalah masalah pendidikan, pemerintah selalu berupaya dengan maksimal agar tetap berjalan dengan semestinya. Kita sebagai warga yang baik hanya bisa melaksanakan dengan baik sesuai anjuran pemerintah yang bertujuan untuk kebaikan semua aspek.

Nama              : Mahardhika Bagas Nugroho

NIM                : 182180137

Kelas               : 6D

Mata Kuliah  : Pembelajaran Tematik