Minggu , Juli 3 2022
Beranda / Opini / Harus Bijak Dalam Uraikan Pemasalahan Teknologi dan Sosial di Masyarakat

Harus Bijak Dalam Uraikan Pemasalahan Teknologi dan Sosial di Masyarakat

Pada hakekatnya setiap hari, teknologi dan ilmu pengetahuan terus mengalami perkembangan, semakin lama akan semakin canggih. Seiring dengan pesatnya perkembangan itu, sepertinya manusia semakin lengket dibuatnya, seakan tak bisa lagi dipisahkan dari penggunaan teknologi modern.

Tak sedikit teknologi modern yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah kemunculan gadget atau gawai, yang digunakan oleh manusia sebagai sarana komunikasi dan bertukar informasi.

Sehingga pada dasarnya masyarakat dan teknologi berkaitan erat dengan lingkunganya serta tidak bisa dipisahkan karena teknologi maupun masyarakat sama-sama saling membutuhkan. Selain sebagai sarana berkomunikasi, kini gadget juga sudah berkembang melalui aplikasi di gadget tersebut bisa digunakan sebagai sarana belanja, piranti membantu menjalankan aplikasi payment atau aplikasi pembayaran bahkan juga digunakan oleh sebagian orang untuk kegiatan fotografi maupun videografi.

Namun pada umumnya mereka menggunakan gadget untuk berkomunikasi melalui berbagai aplikasi yang tersedia, baik telepon seluler maupun melalui media sosial. Untuk bisa menggunakan aplikasi media sosial, pengguna harus mengakses internet sebagai medianya, agar bisa terhubung maupun mengakses media sosial.

Kemudahan teknologi canggih melalui sarana jaringan internet tersebut masyarakat dapat bersilahturahim kepada semua orang tanpa ada batasan waktu serta territorial negara tertentu. Dimana ada akses internet dan gadget maka semua orang bisa saling berkomunikasi dengan baik.

Karena kemudahan yang diberikan hanya dengan mengakses internet, maka masyarakat pada umumnya lebih memilih sering melakukan silaturahim melalui media sosial daripada berkunjung langsung ke kediaman kerabatnya. Sehingga oleh beberapa pengamat sosial menilai bahwa hal itu bisa mengakibatkan kurangnya rasa kasih sayang dan kekeluargaan. Lebih parahnya bila muncul adanya mosi tidak percaya pada lingkungannya sendiri atau keluarga, kerabat, maupun saudara. Sehingga sering dinilai bisa menambah kerenggangan hubungan kekeluargaan.

Namun demikian di sisi lain keberadaan gadget juga bisa menimbulkan dampak positif bagi para penggunanya, terutama untuk membantu mempermudah dan memperingan kinerja seseorang. Selain itu dengan kemudahan bisa mengakses internet, pengguna juga bisa memperoleh manfaat dapat menambah wawasan dengan cepat dan mudah.

Perlu disadari bahwa masih banyak lagi, hal-hal lain yang dapat diperoleh dari manfaat penggunaan gadget melalui jaringan akses internet. Sebenarnya dampak baik maupun dampak buruk dari penggunaan gadget serta jaringan akses internet tergantung bagaimana dalam kita menyikapinya sebagai makhluk sosial yang hidup di tengah-tengah masyarakat dari berbagai latar yang berbeda. Sehingga kita sebagai makhluk sosial harus pandai-pandai dan bijak dalam menggunakan gadget maupun akses internet. (*)


Oleh : Willy Rahardi

Penulis Adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Tentang Willy Rahardi

Periksa Juga

Kekurangan dan Kelebihan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD

Oleh : Ryana Ayu Agus Tiara, Syabrina Nuraini Hidayat, Katya Osylany Pamungkas Pembelajaran   Tatap   Muka   …