Kamis , Oktober 6 2022
Beranda / Opini / Perlunya Sikap Bijak dan Selektif Dalam Menerima Perkembangan Teknologi Agar Tak Timbul Permasalahan Sosial

Perlunya Sikap Bijak dan Selektif Dalam Menerima Perkembangan Teknologi Agar Tak Timbul Permasalahan Sosial

Permasalah yang terjadi sebagai dampak pesatnya perkembangan teknologi dan berimbas pada masalah sosial kemasyarakatan, akhir-akhir ini cukup menonjol. Belum lagi diperparah oleh situasi serta kondisi Pandemi Covid-19, seakan permasalahan tersebut perlu segera mendapatkan perhatian semua pihak guna mengurangi dampak buruk yang akan terjadi.

Dari sisi definisi, menurut Soerjono Soekanto, bahwa masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang bisa membahayakan bagi kehidupan kelompok sosial. Secara lebih detail terkait permasalahan sosial dengan teknologi dapat diurai mulai dengan masuknya era globalisasi di zaman yang semakin modern ini.

Di mana pada era globalisasi, perkembangan teknologi sangatlah pesat dan kemajuan teknologi berdampak besar bagi kehidupan masyarakat dan kehidupan sosial. Kemaujuan teknologi juga sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat membantu memudahkan komunikasi, perdaganagan, pendidikan, dan sebagainya.

Akan tetapi kemajuan teknologi tidak selamanya bermanfaat bagi masyarakat, teknologi bisa saja berdampak buruk terhadap kehidupan sosial. Adanya kemajuan teknologi, masyarakat banyak yang tidak mendapat pekerjaan dan kehilangan mata pencaharian.

Masyarakat kehilangan pekerjaan karena tergantikannya tenaga manusia dengan tenaga mesin-mesin yang canggih. Banyak perusahaan yang memilih menggunakan mesin karena gaji untuk tenaga kerja manusia lebih mahal. Menyebabkan kemiskinan semakin merajalela karena banyaknya pengangguran.

Banyak lahan pertanian dan perkebunan dijadikan industri sehingga banyak petani yang kehilangan pekerjaan. Kemajuan teknologi berdampak buruk karena sekarang banyak perumahan dan industri memenuhi lahan-lahan pertanian dan perkebunan sehingga jarang adanya pepohonan dan tumbuhan.

Adanya kemujuan teknologi seperti pembangunan jalan dan banyaknya kendaraan bermotor dan mobil menyebabkan banyaknya polusi udara. Sedangakan jarang sekali pepohonan di sekitar jalan, banyak juga sampah industri berupa limbah-limbah yang dibuang di sungai, danau, dan laut menyebabkan permasalah sosial dan kerusakan lingkungan.

Dampak buruk teknologi lainnya yang ada, adalah internet bagi masyarakat awam seperti judi online, arisan online, mengunggah video yang tidak pantas untuk dilihat, penipuan, dan sebagainya. Semua itu sangat merugikan bagi warga masyarakat dan banyak pelecehan seksual yang sering terjadi.

Selain itu, munculnya media sosial dengan berbagai aplikasi dan alat komusikasi canggih, juga dapat mengakibatkan manusia kecanduan dengan media sosial serta menjadi acuh terhadap lingkungan sekitar. Secara tidak langsung menyebabkan manusia menjadi sosok yang individualis dan egois. Seharusnya kita saling peduli antara satu sama lain sebagai makhluk sosial.

Sehingga kita sebagai masyarakat yang baik, harus bisa bijak dalam menggunakan kemajuan teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat. Supaya kemajuan teknologi dapat membantu kehidupan sehari-hari dan tidak merugikan masyarakat lain. Bijak terhadap kemajuan teknologi agar kita tidak terjerumus dalam tindakan kejahatan karena adanya kemajuan teknologi.(*)


Oleh : Dwi Astri Anggraeni

Penulis Adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Tentang Dwi Astri Anggraeni

Periksa Juga

Kekurangan dan Kelebihan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD

Oleh : Ryana Ayu Agus Tiara, Syabrina Nuraini Hidayat, Katya Osylany Pamungkas Pembelajaran   Tatap   Muka   …