Kamis , Oktober 6 2022
Beranda / Opini / Menelaah Media Pembelajaran Zaman Sekarang

Menelaah Media Pembelajaran Zaman Sekarang

Pendidikan adalah hal yang penting untuk kemajuan para generasi anak muda pada zaman sekarang. Dari tahun ke tahun banyak yang berubah dalam dunia pendidikan. Tidak hanya suasananya yang berubah, akan tetapi juga cara pengajaran guru kepada peserta didik juga berubah. Pendidikan sekarang jauh lebih modern akibat perubahan zaman, karena setiap generasi pastinya dapat memunculkan ide-ide terbaru untuk meningkatkan mutu pendidikan serta memajukan negaranya supaya lebih unggul daripada negara yang lain.

Di dalam dunia pendidikan sekarang banyak bermunculan ide-ide kreatif dari anak-anak muda, salah satunya anak muda yang sedang di bangku kuliah maupun yang sedang KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Fakultas Pendidikan. Dari sana mereka meningkatkan pengetahuan agar dunia pendidikan menjadi lebih unggul dan menyenangkan. Salah satu ide yang mereka pakai yaitu dengan membuat media pembelajaran.

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan pesan atau informasi yang digunakan dalam proses belajar, agar siswa mendapat rangsangan, keinginan atau minat untuk belajar. Media pembelajaran yang digunakan contohnya seperti gambar, radio, tape recorder, telepon, vidio pembelajaran, ilustrasi, peta, alat peraga dan lain sebagainya.

Banyak sekali isu-isu yang tidak menyenangkan datang dari dunia pendidikan. Apa lagi zaman sekarang anak-anak dari mulai bayi hingga yang sudah tua pun sudah kecanduan handphone. Perlu diakui bahwa adanya alat canggih ini sangat membuat dunia pendidikan harus bekerja lebih keras agar mendapatkan solusi, karena sulit sekali mengatasi anak yang tidak mau belajar tetapi semangat dalam memainkan game di handphone.

Nah, salah satu mengatasi anak yang sulit belajar seperti ini salah satunya yaitu dengan membuat media pembelajaran melalui alat peraga dan video pembelajaran. Video pembelajaran dapat diakses melalui handphone dengan bermodal kuota internet saja. Canggih bukan?

Media pembelajaran yang berbasis video dapat dilihat melalui youtube. Dengan begitu anak dapat melihatnya berulang kali. Karena media pembelajaran yang disediakan berbentuk video itu juga mempunyai kekurangan, seperti tidak baik untuk kesehatan mata karena terus memandangi layar handphone maupun elektronik lainnya. Banyak sekali anak-anak sekarang sudah memakai kacamata akibat terus memandangi layar handphone. Karena itu, pendidik harus menggunakan cara lain agar tidak merugikan kesehatan siswa.

Media pembelajaran lainnya yaitu dengan alat peraga. Alat peraga yaitu suatu benda yang dapat dilihat dan di sentuh untuk membantu kegiatan proses belajar mengajar. Banyak sekali yang menggunakan media pembelajaran ini, karena dapat dibuat dalam bentuk lokal serta biaya pembuatannya juga terjangkau. Manfaat dari alat peraga selain dapat dilihat dan di sentuh langsung, membuat anak lebih semangat belajar serta rasa ingin tahu yang tinggi.

Maka dari itu, cocok sekali bagi pengajar untuk menetapkan alat peraga sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Selain pengajar yang membuat alat peraga, siswa juga dapat membuat atau menghasilkan sebuah alat peraga lainnya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Dengan begitu, lembaga dari pendidikan akan melihat dan mengapresiasikan hasil karya yang terbaik dalam media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar. (*)

Oleh : Syifa Agnessya

Penulis Adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Tentang Syifa Agnessya

Periksa Juga

Kekurangan dan Kelebihan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD

Oleh : Ryana Ayu Agus Tiara, Syabrina Nuraini Hidayat, Katya Osylany Pamungkas Pembelajaran   Tatap   Muka   …