Jumat , Desember 2 2022
Beranda / Opini / Peran Teknologi dan Informasi Serta Aplikasi Era Pandemi Covid-19

Peran Teknologi dan Informasi Serta Aplikasi Era Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 merupakan tantangan bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah, karena pola pembelajaran pada era pandemik ini menggunakan sistem dalam jaringan (daring) atau online. Kita dituntut untuk dapat mengondisikan atas terjadinya fenomena tersebut. Bagaimana pembelajaran dapat berjalan lancar dan sukses di era pandemik ini.

Perkembangan teknologi pada zaman era modern ini sangatlah pesat, saat ini teknologi telah memberikan banyak manfaat dalam kemajuan diberbagai aspek. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika. Penggunaan teknologi oleh manusia dalam membantu menyelesaikan pekerjaan merupakan hal yang menjadi keharusan dalam kehidupan. Perkembangan teknologi ini juga harus diikuti dengan perkembangan pada Sumber Daya Manusia (SDM).

Manusia sebagai pengguna teknologi harus mampu memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, maupun perkembangan teknologi tersebut selanjutnya. Adaptasi manusia dengan teknologi baru yang telah berkembang, wajib untuk dilakukan melalui pendidikan. Hal ini dilakukan agar generasi penerus tidak tertinggal dalam hal teknologi baru. Dengan begitu, teknologi dan pendidikan mampu berkembang bersama seiring dengan adanya generasi baru sebagai penerus generasi lama.

Ditengah masa Pandemi Covid-19 ini, muncul sebuah aturan terutama di Indonesia yang dimana masyarakat Indonesia diharuskan untuk menjaga jarak antara satu dengan yang lain, minimal satu setengah meter sehingga masyarakat Indonesia dipaksa untuk stay at home / tinggal di rumah saja dan melakukan seluruh aktivitas dari rumah seperti berkerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah dari rumah.

Dengan adanya aturan untuk beraktivitas dari rumah seperti bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah dari rumah dan seluruh kegiatan dilakukan dari rumah, kegiatan-kegiatan inilah yang membutuhkan peran teknologi untuk melakukannya. Peran teknologi pada masa Covid-19, sangatlah besar, seperti belajar dari rumah, pembelajaran ini dilakukan secara dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan sebuah aplikasi atau website yang biasa disebut dengan e-learning, yaitu sebagai payung dari segala jenis pembelajaran.

Ada beberapa defenisi e-learning sebagai berikut : “E-learning adalah pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan suatu sistem elektronik atau juga komputer sehingga mampu untuk mendukung suatu proses pembelajaran”(Michael, 2013:27).

Kemudian definisi lainnya “E-learning adalah suatu proses pembelajaran jarak jauh dengan cara menggabungkan prinsip-prinsip di dalam proses suatu pembelajaran dengan teknologi” (Chandrawati, 2010).

Dapat diartikan juga “E-learning adalah suatu sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka dengan secara langsung antara pendidik dengan siswa/i “(Ardiansyah).

Dari beberapa defenisi yang telah di paparkan tadi dapat disimpulkan bahwa e-learning merupakan suatu proses pembelajaran jarak jauh yang berbasis elektronik dengan memanfaatkan media jaringan komputer. Selain menggunakan e-learning sebagai sarana pembelajaran dosen, guru siswa/i dan mahasiswa/i menggunakan sarana media WhatshApp, Telegram dan video conference seperti Zoom, CloudX dan lain sebagainya. (*)

Oleh : Uun Nafi’ah

Penulis Adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Tentang Uun Nafi’ah

Periksa Juga

Kekurangan dan Kelebihan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD

Oleh : Ryana Ayu Agus Tiara, Syabrina Nuraini Hidayat, Katya Osylany Pamungkas Pembelajaran   Tatap   Muka   …