Kamis , Oktober 6 2022
Beranda / Artikel / Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk dan Keberadaan Jentik-jentik di Rumah Warga Desa Ketangi Kecamatan Purwodadi

Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk dan Keberadaan Jentik-jentik di Rumah Warga Desa Ketangi Kecamatan Purwodadi

Kegiatan sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), yang diadakan oleh pihak Puskesmas Bragolan bekerja sama dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Ketangi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dan dibantu oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kelompok 68 Universitas Muhammadiyah Purworejo. Kegiatan Sosialisasi PSN dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Januari 2022 lalu, bertempat di Aula Balai Desa Ketangi, Kecamatan Purwodadi.

Sosialisasi PSN

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengantisispasi meluasnya penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), yang ditularkan oleh Nyamuk Aedes Aegypti. Upaya pengendalian DBD oleh Puskesmas Bragolan tersebut dilakukan melalui kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan DBD Dengan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan tempat tinggal warga masyarakat. Adapun pemeriksaan fokus pada jentik–jentik nyamuk yang ada di bak mandi, ban bekas, tempat makan burung, dan ember. Kegiatan pemeriksaan jentik-jentik nyamuk dilaksankan setiap seminggu sekali yang dibantu oleh kader kesehatan, perangkat desa dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Pemeriksaan Jentik Nyamuk

Masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, menjadi kader dalam rumah masing-masing (1 Rumah 1 Jumantik), masyarakat juga digalakkan untuk menerapkan 3M. 3M tersebut meliputi, M pertama Menguras tempat yang sering digunakan sebagai penampungan air, seperti bak mandi, penampungan air minum dan lain-lain. M kedua Menutup dengan rapat tempat-tempat yang digunakan sebagai penampungan air misalnya toren air, kendi dan lain-lain. M ketiga Mengubur barang-barang bekas yang memiliki potensi dapat menampung air seperti ban bekas, ember bekas dan botol.

Kewaspadaan memang perlu ditingkatkan karena terdapat kemungkinan adanya perkembangbiakan nyamuk yang meningkat pada musim hujan, sehingga sering menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Mereka mengajak kepada warga masyarakat untuk bersama-sama menggalakkan dan melaksanakan 3M agar lingkungan dan keluarga terhindar dari DBD. (*)


Kelompok 68 KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo 2022 :

1. Probo Harnyoto (182140085/Pendidikan Matematika)

2. Rina Setyawati (182180041/PGSD)

3. Maulidya Fernanda Purwijaya (182140021/Pendidikan Matematika)

4. Catur Annisa (182180073/PGSD)

5. Astri Kurnia (182160002/Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa)

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Raden Wakhid Akhdinirwanto, M.Si.

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | Berita Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Periksa Juga

Desa Tangkisan Kini Dinilai Sangat Dinamis

Oleh : Jamil Siregar Sekilas saat nama Tangkisan disebut, seolah-olah nama itu terkesan sangar, sebab …